oleh

Jenis Pintu Kamar Mandi Yang Awet

Jika anda ingin mengetahui Jenis Pintu Kamar Mandi Yang Awet, tentu sudah tepat jika mengunjungi website SejutaRumah.Id. Sebab pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk berbagi mengenai tips sederhana yang bisa anda terapkan sebelum menerapkan atau memasang daun pintu pada kamar mandi. Lebih tepatnya disini kami akan merangkum beberapa jenis pintu yang umum digunakan atau dipasang pada ruangan yang rawan dengan basah tersebut. Seperti apa dan bagaimana? Ada baiknya jika anda simak artikel ini sampai usai!

Tips ini kami tulis karena bertujuan untuk membantu anda sedang bingung. Dikarenakan pintu kamar mandi dirumah lebih rentan rusak, maka anda harus mengenal terlebih dahulu jenis dan bahan yang digunakan. Sebab pada umumnya ukuran kamar mandi (khususnya rumah minimalis) mempunyai ruang sangat kecil dan lebih sering terkena cipratan air, tentu material yang digunakan harus benar-benar tahan dan tidak mudah rapuh karena hal tersebut. Nah berikut ini beberapa jenis bahan yang mungkin bisa jadi alternatif.

Jenis Pintu Kamar Mandi Yang Awet

1. Bahan Kayu

Meski terbilang sangat rentan terhadap kerusakan, namun bisa saja asal anda pandai dalam menyiasati penggunaannya. Pada bagian dalam (yang rentan terkena cipratan air), berikan lapisan cat waterproof sehingga air tidak meresap dan menjadikan kayu mudah lapuk. Atau bisa juga dengan mengganti pintu anda dengan bahan lain agar lebih ringan dan meminimalisir kerusakan.

2. Alumunium

Meski bukan pilihan yang terbaik, namun bahan alumunium bisa menjadi alternatif untuk diterapkan pada kamar mandi. Hal ini karena bahan pintu alumunium lebih tahan air dan korosi sehingga pintu lebih awet. Terlebih lagi biasanya jika anda membeli dari toko sudah berbentuk rakitan yang menyatu dengan kusen sekaligus. Jadi pemasangannya lebih mudah dan tidak ribet sama sekali. Yang menjadi kelemahan dari bahan ini ialah kendornya baut pada engsel yang terkadang lama kelamaan akan menimbulkan bunyi.

3. uPVC

Termasuk dalam Jenis Pintu Kamar Mandi Yang Awet, uPVC merupakan bahan yang dikembangkan dari PVC. Didesain secara khususnya untuk indoor (dalam ruangan), tentu sangat cocok jika diterapkan pada kamar mandi. Beberapa kelebihan yang bisa anda peroleh dari penggunaan bahan ini ialah lebih tahan cuaca, anti rayap, tidak mengalami korosi, tidak susut ataupun mengembang, tidak menghantarkan panas, mengurangi suara dan bahkan tidak membutuhkan perawatan khusus.

4. Vynil atau PVC

Masih terkait dengan uPVC, bahan ini terbuat dari plastik yang tahan air, antikorosi, tidak bersuara (bersisik), dan mempunyai nilai artistik dibanding dengan alumunium. Dengan harga yang relatif murah dan bisa disesuaikan dengan warna kesukaan, tentu bisa saja bahan ini anda pilih supaya kamar mandi anda terlihat lebih cantik dari luar. Masih masuk Jenis Pintu Kamar Mandi Yang Awet, Vynil bisa dilapisi dengan cat atau pewarnaan sendiri dengan berbagai motif.