oleh

Saluran Air Mampet Karena Lemak? Begini Cara Mengatasinya

-Tips-13 views

Bingung Saluran Air Mampet Karena Lemak? Begini Cara Mengatasinya supaya anda tidak merasa terganggu lagi dengan masalah tersumbatnya paralon tempat atau saluran pembuangan air. Dengan bahan dan alternatif sederhana, tentu masalah tersebut tidak akan anda alami. Selain mudah dan bahan tidak sulit untuk didapat, tentu nda bisa menerapkannya sendiri dirumah. Seperti apa dan bagaimana? Lebih baik anda membaca ulasan artikel ini sampai selesai!

Tidak sedikit orang yang mengeluh akan tersumbatnya saluran pembuangan yang terdapat pada tempat pencucian alat-alat dapur (namun bisa juga pada wc, wastafel, dan kamar mandi). Hal tersebut karena gumpalan atau endapan putih yang menyerupai lemak membuat saluran menjadi mampet. Jika anda sering mencuci wajan, piring, dll khususnya yang mengandung minyak, tentu tidak menutup kemungkinan masalah ini terjadi. Awalnya ungkin sedikit, namun apabila dibiarkan, maka semakin lama endapan yang terjadi semakin besar dan menutup keseluruhan permukaan paralon. Tidak hanya itu saja, bau menyengat yang ditimbulkan pun sangat tidak enak dan membuat eneg pada perut. Terus bagaimana cara mengatasinya? Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Saluran Air Mampet Karena Lemak? Begini Cara Mengatasinya

1. Menggunakan Produk

Triks pertama dari Saluran Air Mampet Karena Lemak? Begini Cara Mengatasinya terbilang sangat mudah. Seperti yang kami kutip dari sumber informasi, ada banyak sekali jenis produk yang berbahan kimia dijual dipasaran. Karena disini kami tidak bisa menyebutkan satu-satu, ada baiknya jika anda mencari nama-nama bahan kimia tersebut di Google. Pilih saja salah satunya dan coba terapkan. Tapi anda harus memperhatikan aturan pakai supaya hasil lebih maksimal.

2. Menerapkan Soda Kue

Bahan yang perlu anda persiapkan ialah soda kue sebanyak 1 kg, dan 5 liter air panas. Selanjutnya larutkan soda kue dengan air mendidih secukupnya, dan siramkan langsung pada saluran pembuangan yang mampet, tunggu sekitar 1 hingga 2 jam supaya ramuan bisa bereaksi. Kemudian siram kembali dengan 5 liter air panas yang bertujuan untuk mengelupas dan membersihkan lemak-lemak yang sudah terlepas dari paralon. Jika selesai maka bilaslah dengan menyiram air biasa hingga dirasa sudah tidak tersumbat.

3. Memanfaatkan Soda Api

Bahan ini bisa anda peroleh dan beli di toko bangunan. Jika sudah tersedia, maka tuangkan soda api tersebut pada saluran yang mampet. Diamkan semalaman sebelum anda menyiramnya. Barulah pagi hari (ke-esokan harinya) anda bisa menyiram menggunakan air. Dilakukan pada malam hari bertujuan supaya tidak ada aktifitas lagi yang anda lakukan. Jadi soda api yang anda tuang akan bekerja lebih optimal.

4. Menghubungi Layanan Jasa

Tips terakhir dari Saluran Air Mampet Karena Lemak? Begini Cara Mengatasinya ialah dengan memanggil layanan sedot WC. Sebab masalah anda akan lebih cepat tertangani karena mereka sudah mempunyai pengalaman serta alat yang lebih lengkap. Tapi pastinya anda butuh dana ekstra untuk membayar jawa tersebut.