oleh

Cara Mengecat Ulang Genteng Lama

-Atap, Tips-6 views

Cara Mengecat Ulang Genteng Lama ini sebenarnya hampir sama dengan penerapan cat pada dinding atau tembok. Namun yang menjadi pembeda ialah posisi (letak) dan juga jenis cat yang digunakan. Jadi kebanyakan cat sudah bersifat waterproof sehingga tidak ada air yang meresap ketika datang hujan. Terlebih dagi waterproof ini juga sangat elastis yang mampu mencegah adanya retak pada genteng asbes, genteng tanah, keramik dan lain sebagainya. Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Bagaimana cara mudah melakukan pengecatan ulang pada genteng yang sudah lama? Untuk menjwab pertanyaan anda tersebut maka dibawah ini kami sudah menyediakan rangkuman yang siapa tahu bisa membantu.

Seperti yang anda ketahui sebelumnya, genteng merupakan salah satu elemen penting yang juga menjadi daya tarik tersendiri khususnya dalam kategori atap. Namun tidak sedikit orang yang tidak acuh dan jarang melakukan perawatan genteng selayaknya pada aksesoris lain seperti tembok, pintu, dll. Padahal jika anda paham, kondisi atap yang terawat dan terlihat baik akan menjadikan rumah tampak semakin baru dan bersih secara total. Jadi secara ringkas atap rumah juga harus dirawat supaya memberi proteksi total terhadap perlindungan keluarga. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan.

Cara Mengecat Ulang Genteng Lama

Salah satu jenis perawatan terhadap atap khususnya genteng ialah dengan melakukan pengecatan ulang. Dengan sistem yang sama dengan mengecat tembok, tentu langkah-langkah yang diterapkan pun terbilang mudah. Dalam hal ini anda harus pintar dalam memilih jenis cat yang biasa diterapkan, dari mulai kualitas biasa hingga premium. Semua bisa diukur dengan adanya dana yang anda miliki. Jika anda berani melakukan pengecatan sendiri tanpa menyewa tanaga ahli, berikut langkah yang bisa anda lakukan :

1. Melakukan Pembersihan

Dengan rentang waktu penggunaan yang cukup lama, pasti permukaan genteng terdapat kotoran seperti lumut, jamur, debu, dan bahkan seperti berkerak. Agar langkah pembersihan menjadi lebih mudah, anda bisa menggunakan sikat kawat supaya kotoran bisa mengelupas dengan sempurna. Tapi usahakan kotoran (genteng) dibasahi terlebih dahulu dengan cara disiram.

2. Lakukan Pembilasan

Langkah kedua dari Cara Mengecat Ulang Genteng Lama. Setelah digosok dan disikat, bilas genteng dengan air mengalir (bisa juga ditambah detergen atau kaporit) supaya kotoran bisa hilang. Penambahan bahan ini apabila terdapat kotoran atau jamur yang membandel. Setelah itu biarkan genteng mengering paling tidak 2 hingga 3 jam sebelum langkah selanjutnya.

3. Menerapkan Cat

Dalam hal ini dianjurkan untuk memilih jenis cat dengan kualitas terbaik. Supaya pemeliharaan lebih mudah dan juga tahan terhadap panas serta hujan. Baca aturan pemakaian supaya hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal. Umumnya penggunaan cat dicampur dengan air beberapa % (lihat aturan pakai), dan lakukan 2x pelapisan sehingga cat bisa melekat sempurna. Proses pertama dilakukan tipis-tipis saja, tunggu hingga kering dan cat lagi dengan sedikit lebih tebal dan kental.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai Cara Mengecat Ulang Genteng Lama. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda. Selamat mencoba!