oleh

Cara Agar Genteng Tidak Bocor

-Atap, Tips-6 views

Bagaimana Cara Agar Genteng Tidak Bocor? Tentu pertanyaan ini bisa muncul pada siapa saja. Apalagi kala musim penghujan akan tiba yang secara tidak langsung mampu menciptakan kecemasan takutnya genteng pada rumah anda mulai bocor. Nah sebagai beberapa alternatif yang bisa anda terapkan, berikut ini kami sudah merangkum beberapa tips yang mungkin saja akan sangat membantu bagi anda. Jadi alangkah baiknya jika anda membaca artikel kami ini sampai selesai!

Seperti yang anda ketahui pada umumnya, genteng atau elemen atap yang terdapat pada rumah sangat penting diperhatikan. Sebab hal ini pula yang nantinya bisa mempengaruhi kenyamanan anda berada didalam rumah. Entah itu dari segi pemilihan jenis, cara pemasangan, dan juga penerapan lain supaya bisa memberikan hasil yang maksimal dan mencegah adanya bocor ketika sudah datang musim penghujan. Apa saja tips-tips sederhana tersebut? Simak daftar singkat yang sudah kami rangkum dibawah ini!

Cara Agar Genteng Tidak Bocor

1. Perhatikan Jarak Pemasangan

Bagi anda kalangan tukang, mungkin sudah paham dengan jarak yang pas untuk pemasangan setiap genteng. Karena pada dasarnya sebelum dipasang, genteng harus diukur terlebih dahulu supaya hasil yang diperoleh bisa klop dan menyatu antara satu genteng dengan yang lainnya. Selain itu, jarak antara genteng posisi atas dengan yang dibawahnya juga tidak terlalu jauh. Dalam artian bahwa hal ini untuk meminimalisir adanya celah supaya genteng tidak bocor meskipun sedang hujan yang disertai angin. Jadi tanya dan konsultasikan terlebih dahulu dengan tukang yang menggarap (membangun) rumah anda.

2. Atur Kemiringan

Masih terkait dengan tips pemasangan, Cara Agar Genteng Tidak Bocor yang kedua ialah dengan mengatur kemiringan yang sudah dianjurkan oleh penyedia (penjual). Jadi dengan begitu anda tidak khawatir akan adanya air yang merembes dikarenakan aliran air hujan yang jatuh lebih lancar. Sebagai tips pemasangan genteng biasanya menerapkan 30% hingga 40% dari tinggi rumah dan terbilang sangat dianjurkan. Sedangkan untuk asbes atau seng tidak kurang dari 10% atau menurut yang sudah ditetapkan. Jika ingin yang lebih baik maka jangan sampai kemiringannya kurang dari 10% tinggi rumah.

3. Menerapkan Waterproof

Cara Agar Genteng Tidak Bocor ini terbilang yang paling sederhana karena langkahnya tidak membutuhkan langkah yang rumit. Yang jelas disini anda hanya perlu menyediakan dana untuk membeli bahan yang dibutuhkan. Tanyakan pada toko penyedia dan pilihlah merk yang menurut anda paling bagus. Waterproof umumnya diterapkan pada atap cor atau genteng dengan penerapan setelah dilakukan pemasangan.

Sebenarnya dengan memperhatikan beberapa hal diatas sudah bisa menjawab semua pertanyaan anda. Dan sebagai tips lanjutan, ada baiknya jika anda mempersiapkan diri dengan mengganti genteng yang pecah atau retak sebelum musim hujan datang. Seperti pepatah yang sudah umum “Sedia Payung Sebelum Hujan”. Cukup sekian dari kami dan semoga membantu!