oleh

Cara Membuat Kolam Ikan Kecil Di Depan Rumah

-Kolam, Tips-36 views

Tidak sedikit orang yang mencari Cara Membuat Kolam Ikan Kecil Di Depan Rumah. Hal ini bertujuan untuk menunjang keindahan rumah dan juga memaksimalkan sisa ruang kosong. Jadi sebagai alternatif kolam hias dan mempercantik halaman, tentu cara ini bisa anda terapkan. Nah, seperti apa dan bagaimana caranya, berikut kami sudah menyediakan rangkuman yang siapa tahu bisa membantu bagi anda. Mengenai kurang lebihnya simak artikel ini sampai selesai!

Artikel sebelumnya kami juga sudah pernah menuliskan tentang tata cara merawat ikan di kolam rumah. Hal ini bisa menjadi langkah lanjutan bagi anda yang sudah mempunyai desain dan melakukan penerapan atau membangun kolam kecil sesuai dengan keinginan. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, anda bisa memanfaatkan adanya sisa-sisa bahan bangunan yang pada umumnya sudah tidak terpakai. Jadi bisa dikategorikan bahwa pembuatan kolam ini hanya membutuhkan sedikit tambahan bahan yang bisa meminimalisir pengeluaran anda. Cara-cara tersebut ialah :

Cara Membuat Kolam Ikan Kecil Di Depan Rumah

1. Memperhatikan Sisa Lahan

Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah dengan mengukur sisa ruang yang tersedia di halaman rumah anda. Usahakan tidak mengganggu tempat parkir (garasi), tempat bermain, ataupun pintu masuk jika ukuran rumah anda bergaya minimalis. Umumnya kolam kecil ini dibangun (dibuat) pada bagian pojok atau pinggiran dari tembok pagar. Jadi pembuatannya tidak menghilangkan fungsi dari lahan lain.

2. Menfaatkan Sisa Bahan Bangunan

Tidak bisa dipungkiri bahwa pembangunan rumah terkadang menyisakan bahan seperti batu bata, pasir, semen, dan juga cat rumah. Nah bahan inilah yang bisa anda manfaatkan untuk membuat atau mendesain kolam kecil di depan rumah anda. Bila perlu konsultasikan juga dengan tukang supaya pembuatannya bisa dibantu apabila anda tidak ingin membuatnya sendiri.

3. Langkah Pembuatan Kolam

Bisa dibilang bahwa Cara Membuat Kolam Ikan Kecil Di Depan Rumah ini sangat sederhana. Jika semua bahan sudah tersedia, maka anda pun bisa menuju pada langkah selanjutnya. Bahan tersebut mencakup batu bata, semen dan juga pasir. Bisa juga menambahkan batu alam untuk menamkah kesan unik pada pembuatan kolam anda.

  • Buatlah ukuran lubang sesuai dengan adanya lahan yang tersedia. Bila perlu gali sedikit supaya penerapan adukan semen dan pasir bisa bisa lebih mudah. Ukur bagian tepi dengan tepi lain supaya hasil bisa lebih lurus dan tambah benang sebagai penanda. Namun hal ini tidak berlaku bila anda membuat kolam dengan tekstur atau ukuran tak beraturan.
  • Siapkan adukan semen dan pasir kemudian lakukan pemasangan batu bata pada tepian kolam sampai rata hingga keliling. Jika sudah kering maka anda bisa melakukan proses plester pada dinding-dinding kolam. Atur posisi penambahan ornamen lain seperti batu, dll sesuai dengan keinginan.
  • Dikarenakan masih dalam keadaan plester layaknya dinding rumah, maka selanjutnya anda bisa membuat adukan semen kental yang bisa disiramkan pada seluruh permukaan dinding kolam supaya tidak bocor. Bisa pula mengunakan bantuan kuas supaya proses lebih cepat.
4. Pengecekan Kolam

Cara ini bisa anda lakukan jika semen sudah kering (paling tidak didiamkan sampai semalam) kemudian diberi air. Cek apakah ada kebocoran dengan mendiamkan air selama seharian. Jika air dalam kolam berkurang, tentu anda bisa melapisi ulang dinding kolam dengan menguaskan semen cair. Tapi sebelumnya anda sudah mengosongkan sisa air yang terdapat dalam kolam. Tunggu hingga kering kembali.

5. Finishing

Langkah terakhir ini ialah dengan menambah porsi air sesuai dengan ketinggian yang sudah diatur. Masukkan pula ikan peliharaan dan hiasan seperti tanaman dan lain-lain. Bisa pula anda cat pada bagian dinding liar kolam supaya kesan indah berpadu dengan warna tembok pagar dan rumah.

Demikianlah sedikit tips mengenai Cara Membuat Kolam Ikan Kecil Di Depan Rumah. Semoga bisa membantu!