oleh

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

-Dinding, Tips-29 views

Ada beberapa triks khusus yang bisa anda gunakan untuk Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut. Dikarenakan masalah ini umum terjadi dan bisa mengurangi keindahan rumah, mungkin tips ini akan sangat membantu bagi anda. Selain untuk melakukan antisipasi, tentu tips ini juga akan memberikan anda tambahan ilmu untuk merawat dan menjadikan rumah lebih indah tanpa retak. Seperti apa dan bagaimana? Tentu ada baiknya jika anda membaca artikel kami ini sampai selesai!

Masalah retak rambut pada dinding mungkin sedikit terlihat sepele. Namun akan menambah kerusakan, mengurangi kekuatan dinding, dan juga menghilangkan keindahan tembok jika dibiarkan secara terus menerus. Jadi lebih baik bila diambil tindakan dini supaya hal tersebut bisa diatasi dan membuat penampilan rumah anda kembali seperti baru.

Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut

Penyebab utama dari retak rambut pada dinding biasanya karena kelalaian saat pengerjaan. Hal ini sudah umum terjadi saat plester tidak dibasahi terlebih dahulu sebelum mengaci. Atau bisa juga karena campuran semen yang buruk pada saat penerapan plester. Tapi tidak selesai sampai disitu saja, melainkan bisa pula disebabkan oleh penggunaan cat yang kualitasnya jelek. Dengan tingkat elastisitas, nilai kerapatan, dan daya lekat yang minim, tentu akan menjadikan cat tersebut tidak bisa menempel pada tembok secara maksimal. Supaya hasil yang anda peroleh lebih sempurna, berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengilangkan adanya retak rambut pada tembok.

1. Kerok Atau Kelupas Cat

Sebelumnya kami juga sudah pernah memposting tentang Cara Mengelupas Cat Tembok Lama sebagai langkah awal yang bisa anda lakukan. Tujuan dari langkah ini supaya tembok bisa bersih dan bisa dilakukan pengecatan ulang untuk menutupi atau menyamarkan adanya retak pada dinding. Gunakan sekrap atau vape supaya cat yang menempel lebih mudah dibersihkan.

2. Amplas Permukaan Tembok

Cara ini bisa anda lakukan untuk meratakan permukaan tembok. Tujuan utama ialah supaya permukaan tembok lebih halus dan menjadikan hasil cat ulang lebih sempurna. Lakukan proses amplas hingga plamir yang menempel pada permukaan dinding benar-benar hilang. Sebagai langkah Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut, anda bisa menggunakan jenis amplas kasar agar proses lebih cepat selesai.

3. Bersihkan Dinding

Untuk menghilangkan adanya sisa debu yang menepel, anda perlu melakukan pembersihan secara merata pada permukaan tembok. Bersihkan dengan menggunakan lap basah supaya debu tidak berterbangan. Selain itu bisa langsung anda susul dengan penerapan plamir baru.

4. Tutup Retak Pada Tembok

Proses ini bisa anda lakukan dengan plamir ulang atau bisa juga dengan menggunakan wall sealer. Bahan ini lebih mudah didapat dan tentunya akan mempercepat proses penerapan. Tapi apabila anda ingin yang lebih murah bisa menggunakan plamir dengan campuran kalsium, semen putih dan lem kayu. Selanjutnya sapukan pada seluruh permukaan dinding supaya hasil lebih merata. Amplas ulang supaya tembok lebih halus.

5. Pengecatan Ulang

Langkah ini harus menunggu plamir atau wall sealer sudah benar-benar kering. Paling tidak anda harus menunggu setengah hari atau sekitar 4 hingga 6 jam. Pegang tembok dan jika dirasa sudah kering maka bisa dilakukan pengecatan. Pilihlah warna yang cerah supaya rumah anda lebih terang.

Nah demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan terkait Cara Mengatasi Tembok Retak Rambut. Semoga bisa menjadi tambahan referensi bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba!