oleh

Cara Merawat Ikan Di Kolam Rumah

-Kolam, Tips-13 views

Dari beberapa Cara Merawat Ikan Di Kolam Rumah berikut ini kesemuanya terbilang sangat sederhana dan bisa anda terapkan sendiri supaya penampilan rumah anda terlihat lebih cantik. Dengan kata lain anda bisa mendesain kolam ikan sesuai dengan selera, kemudian melakukan perawatan yang tepat supaya ikan dalam kolam tersebut sehat dan tumbuh dengan sempurna. Seperti apa dan bagaimana? Mungkin rincian dibawah ini akan mampu menjawab semua pertanyaan anda. Simak sampai selesai ya!

Ada begitu banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mempercatik rumah. Selain tanaman hias, pengecatan dengan warna sesuai, pemilihan aksesoris dan furnitur, anda juga bisa menambahkan kolam ikan yang bisa diletakkan pada bagian belakang rumah, halaman depan ataupun disamping rumah. Hal ini merupakan salah satu alternatif yang bisa anda gunakan jika anda enggan untuk memelihara ikan dalam akuarium. Yang namanya kolam dan ikan hias, tentu bentuk dan ukuran bisa diatur sesuai dengan tersedia lahan di lokasi anda. Nah, jika anda berniat untuk menerapkan, mungkin beberapa tips dibawah ini bisa diperhatikan terlebih dahulu!

Cara Merawat Ikan Di Kolam Rumah

1. Pertimbangkan Jumlah

Sudah sepatutnya jika anda memperhatikan jumlah ikan dalam satu kolam. Karena hal ini akan berpengaruh dalam pertumbuhan serta kecepatan berkembang biak ikan yang dimaksud. Jadi hitung terlebih dahulu luas serta menyesuaikan kapasitas filtrasi supaya semua berjalan normal. Hitungan yang sering dipakai ialah sekitar 5cm ukuran ikan per 30cm persegi luas permukaan kolam. Apabila masih diperlukan, anda bisa menambahkan ikan secara bertahap yang intinya tidak sekaligus agar ikan mudah beradaptasi.

2. Memperhatikan Kualitas Air

Cara Merawat Ikan Di Kolam Rumah yang kedua ialah dengan mempertahakan kualitas air. Dalam hal ini anda bisa menambahkan filter atau juga dengan menjadikan air terus mengalir. Sederhanya ialah anda harus menjaga air tersebut tetap bersih supaya ekosistem yang terdapat didalamnya bisa hidup dengan stabil. Jika menggunakan filter, jaga dan kontrol kebersihan dengan melakukan pengecekan secara rutin.

3. Tambahkan Sedikit Tanaman Air

Tanaman ini bisa menjadi tempat berteduh dan bersembunyi dari adanya hewan predator. Setidaknya anda memberi separuh dari luas kolam untuk menutup permukaan sehingga ikan bisa bermain dibawahnya. Peran tanaman ini juga akan menjadikan kolam tampak lebih bersih jika dirawat dengan benar.

4. Lakukan Pemeliharaan Di Sekitar Kolam

Mungkin anda mempunyai tanaman hias atau rumput yang tumbuh secara liar di area sekitar kolam. Bersihkan dan rapikan tanaman tersebut supaya tidak mengganggu dan menjadi gulma yang bisa merusak kolam. Bila perlu pangkas hingga sesuai dengan kebutuhan.

5. Jaga Kebersihan Kolam

Lakukan pembersihan secara rutin pada sisi atau dinding kolam yang sudah ditumbuhi lumut tanpa menggunakan sabun. Hal ini biasanya terjadi ketika musim penghujan sudah datang. Namun berbeda lagi ketika musim panas, perawatan yang bisa anda lakukan ialah dengan menguji kualitas air yakni pH 6,5 hingga 7. Atur ketinggian air yang mudah menguap serta membersihkan ganggang yang mulai muncul guna mengurangi adanya gangguan pada ekosistem kolam.

6. Kontrol Kesehatan Ikan

Cara Merawat Ikan Di Kolam Rumah ialah mengontrol kesehatannya secara rutin. Hal ini bisa anda lakukan dengan mengecek sirip apakah dalam keadaan tegak dan berpenampilan sempurna. Jika dirasa kurang baik dan terindikasi adanya infeksi, maka sebaiknya dilakukan pemisahan dan perawatan lebih lanjut untuk proses pengobatan. Bila perlu tambahkan juga obat pada air kolam.

Sekian dari kami dan semoga bisa membantu!