oleh

Cara Mengecat Ulang Tembok Luar Rumah

-Dinding, Tips-14 views

Cara Mengecat Ulang Tembok Luar Rumah mempunyai triks khusus supaya hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal. Hal ini bisa menjadi salah satu tips lanjutan dari postingan kami yang sudah terpublish sebelumnya yaitu tentang cara mengecat dinding luar rumah. Nah agar nantinya anda bisa menerapkan dan melakukan pengecatan sendiri, mungkin beberapa langkah yang sudah kami rangkum dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan anda. Seperti apa dan bagimana? Baca sampai selesai sehingga anda mendapat informasi tidak setengah-setengah.

Sebenarnya Cara Mengecat Ulang Tembok Luar Rumah tidaklah begitu rumit dibanding dengan yang pertama. Sebab anda hanya memerlukan cat dengan warna yang sama serta melapisi tipis-tips pada bagian tembok yang ingin di cat ulang. Namun ada cara dan triksnya juga supaya cat tersebut bisa menempel sempurna serta tidak mudah mengelupas atau menggelembung. Cara ini juga sering dilakukan oleh para tukang dan bahkan kamipun sudah pernah mencobanya. Untuk mempersingkat waktu, berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti!

Cara Mengecat Ulang Tembok Luar Rumah

1. Cek Permukaan Tembok

Dengan usia yang sudah lumayan tua, tentu cat akan mengelami perubahan khususnya pada daya elastsitas, warna yang luntur, dan bahkan adapula yang sampai mengelupas. Jadi hal pertama yang pelu anda lakukan ialah dengan memperhatikan perubahan cat pada tembok tersebut, jika masih bagus maka anda bisa langsung melakukan pengecatan ulang.

2. Haluskan Permukaan Dinding

Sebenarnya tips ini masih terkait dengan poin pertama yang mengamati adanya kerusakan pada cat tembok. Karena termakan usia, terkadang muncul benjolan, debu, atau kotoran lain yang menempel pada tembok. Jadi bersihkan terlebih dahulu (bisa juga dengan sedikit mengamplas) dan perhatikan hingga permukaan tembok benar-benar rata serta besih dari debu.

3. Tambahkan Lem Untuk Campuran Cat

Lem merupakan salah satu bahan alternatif yang bisa anda gunakan untuk menambah daya rekat serta membuat cat lebih mengkilap. Dikarenakan umumnya cat tembok menggunakan air untuk mengatur kekentalan, jadi ada baiknya jika anda melarutkan lem kayu terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan cat. Sadngat sederhana namun anda harus memperhatikan tingkat kekentalan. Jangan terlalu encer atau jangan pula terlalu kental.

4. Penerapan Cat Pada Tembok

Anda bisa menggunakan kuas khusus supaya hasil yang diperoleh lebih bagus dan menghemat pemakaian cat. Pakailah kuas biasa yang harganya lebih murah namun hasil lebih halus dan cepat rata. Namun bisa juga dengan kuas roll apabila dinding tidak terjangkau oleh tangan anda.

Tips tambahan !!! Umumnya cat dinding luar ruangan menggunakan jenis acrylic atau waterproof yang lebih tahan air dan juga panas. Dengan kata lain anda juga harus tepat dalam memilih jenis cat supaya tidak mudah mengelupas ataupun menjadikan air merembes kedalam ruangan. Jadi tanyakan terlebih dahulu sebelum anda melakukan pembelian pada toko atau penyedia bahan bagungan di lokasi anda.

Cukup sekian untuk Cara Mengecat Ulang Tembok Luar Rumah, semoga bisa membantu dan menambah referensi bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba!