oleh

Cara Mengecat Tembok Luar Yang Benar

-Dinding, Tips-23 views

Ada triks khusus untuk Cara Mengecat Tembok Luar Yang Benar sehingga hasil yang nantinya diperoleh bisa lebih maksimal. Dikarenakan tembok bagian luar rumah sering dilihat orang, tentu anda perlu memperhatikan penerapan serta penggunaan warna yang sesuai supaya orang yang melihat bisa memberi penilaian positif dan memandang rumah rumah anda dengan kesan indah. Nah sebagai alternatif dan langkah penerapan awal sebelum mengecat rumah, ada baiknya jika anda menyimak beberapa tips sederhana berikut ini. Baca sampai selesai ya!

Tembok atau dinding luar membutuhkan perawatan khusus supaya warna tidak pudar dan cat tidak cepat mengelupas. Hal ini sangat penting diperhatikan terlebih dahulu guna mencegah hal-hal seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Contoh pertama ialah dengan memperhatikan penerapan cat dan juga memilih merk yang memang dikhususkan untuk dinding exterior. Dengan begitu anda akan meminimalisir adanya cat rusak serta akan membuat cat lebih tahan lama. Seperti apa dan bagaimana, berikut rincian selengkapnya!

Cara Mengecat Tembok Luar Yang Benar

1. Memilih Merk Cat Waterproof

Ada begitu banyak jenis cat yang bisa anda gunakan untuk diterapkan pada dinding bagian luar. Namun hal pertama anda perlu memilih jenis cat waterproof yang bisa tahan dari masalah air. Sebab bagian tembok luar lebih rentan terkena air hujan yang pada akhirnya akan menjadikan cat lebih cepat rusak. Waterproof mempunyai peranan penting untuk mencegah air merembes dan juga tekturnya lebih elastis.

2. Melakukan Plamir (Dempul) Terlebih Dahulu

Plamir atau yang juga dikenal dengan plamur mempunyai peranan penting untuk menambah daya rekat cat pada tembok. Selain itu dempul juga akan mengurangi pori atau celah yang menjadikan tembok terlihat tidak rata. Jadi terapkan plamiran terlebih dahulu (tips juga tidak apa-apa) yang penting pori tembok tertutup dan bisa diamplas supaya halus.

3. Bersihkan Debu

Pengamplasan plamir biasanya meninggalkan debu yang masih menempel pada tembok. Hal ini yang nantinya akan mengurangi daya rekat dan juga menjadikan cat tidak rata dan bahkan menimbulkan benjolan. Jadi bersihkan terlebih dahulu sisa debu tersebut dengan menggunakan lap atau alat lain seperti sapu. Selanjutnya anda bisa menerapkan cat seperti yang di inginkan.

4. Penerapan Cat Pada Tembok

Cara Mengecat Tembok Luar Yang Benar ini terbilang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anda. Hal terpenting ialah sudah menyiapkan cat dan diatur kekentalannya dengan menambah sedikit air. Hindari pemakaian air berlebih supaya cat tidak terlalu encer. Tujuannya ialah supaya hasil cepat rata dan tidak ada celah yang tertinggal. Selanjutnya gunakan kuas atau alat lain yang bisa meratakan warna cat pada seluruh permukaan tembok, kemudian tunggu hingga kering supaya bisa dilakukan pengecatan ulang bagi area yang tidak tertutup cat dengan sempurna.

Untuk merk cat serta penerapan lebih baik, mungkin ada baiknya jika anda mengontak tukang atau ahlinya terlebih dahulu. Dengan kata lain supaya tips Cara Mengecat Tembok Luar Yang Benar bisa memberikan hasil seperti yang direncanakan. Sekian dan selamat mencoba!