oleh

Membuat Cairan Pembersih Keramik Kamar Mandi

Sebenarnya ada cara sederhana untuk Membuat Cairan Pembersih Keramik Kamar Mandi yang bisa anda lakukan sendiri rumah. Namun hal ini tentu membutuhkan perpaduan (campuran) bahan yang sesuai sehingga hasil yang nantinya anda peroleh bisa lebih maksimal. Nah, sebagai salah satu alternatif untuk mengasah kreatifitas anda, mungkin rangkuman yang sudah kami sediakan dibawah ini akan sangat membantu. Adapun bahan serta tata cara pembuatan cairan pembersih keramik tersebut bisa anda simak pada artikel kami berikut.

Seperti yang anda ketahui, keramik merupakan salah satu elemen lantai yang umum dipasang pada beberapa ruang didalam rumah. Tidak terkecuali didalam kamar mandi yang otomatis akan selalu basah dan menimbulkan jamur bahkan kerak. Dalam hal ini anda dituntut untuk lebih rajin dalam membersihkan kamar mandi. Sehingga kerak atau yang sejenisnya bisa diminimalisir. Namun bagaimana jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi? Disini ketelatenan anda diuji sehingga mungkin anda sampai pada artikel kami ini. So,, mari kita lanjut pada topik.

Membuat Cairan Pembersih Keramik Kamar Mandi

Untuk membuat cairan pembersih keramik sendiri, ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan. Bahan pembersih porselen dan keramik ini berupa : NaOh/Natrium Hiroksida 10gr, HCl/Asam Clorida 40cc, Oxalix acid 40gr, dan air matang (panas) bersih sebanyak 2 liter. Sedangkan alat yang dibutuhkan ialah ember plastik dan alat pengaduk. Jika bahan dan alat sudah disiapkan, maka anda bisa lanjut pada proses berikutnya!

Cara Membuat Pembersih Keramik Dan Porselen

  1. Siapkan ember dan larutkan asam klorida dengan air yang kemudian diaduk hingga rata.
  2. Berikutnya larutan tadi dicampur dengan oxalic acid dan aduk kembali hingga larut.
  3. Masukkan Natrium Hiroksida (NaOh) hingga menyatu dengan sempurna. Selanjutnya biarkan sampai dingin.
  4. Cairan ini sudah jadi dan siap untuk anda gunakan. Penyimpanan bisa ditaruh dalam wadah botol plastik sehingga jika ada sisa tidak akan terbuang. Cairan sisa bisa dipakai dikemudian hari apabila dibutuhkan.

Ada alternatif atau bahan lain yang bisa anda gunakan untuk membersihkan keramik dari kerak dan lain sebagainya. Berbeda dengan Membuat Cairan Pembersih Keramik Kamar Mandi diatas, bahan tersebut hanya berupa asam cuka, sitrun (asam sitrat), dan bahkan bisa menggunakan sabun cuci piring. Jika anda penasaran, berikut beberapa cara untuk membersihkan lantai keramik kamar mandi supaya terbebas dari kerak.

1. Asam Cuka
Umum digunakan untuk penyedap makanan, ternyata cairan cuka ini juga bisa anda manfaatkan untuk menghapus noda atau kerak yang terdapat pada lantai keramik. Pertama anda masukkan cuka pada botol spray bekas dan semprotkan pada dinding keramik kamar mandi. Tunggu beberapa saat kemudian disiram dengan air panas.  Jika sudah hangat, gosok menggunakan spon atau kain agak kasar yang sudah dibasahi.

2. Sitrun (Asam Sitrat)
Langkah pertama anda harus menggosok terlebih dahulu lantai keramik dengan batu apung. Selanjutnya bersihkan (siram) dan taburi keramik dengan asam sitrat. Tunggu sekitar 1 jam (supaya sitrun bekerja maksimal) dan sikat yang diakhiri proses pembilasan.

3. Sabun Cuci Piring
Memang tergolong unik dan bahkan sangat murah untuk anda terapkan. Sebelumnya sabun cuci harus dilarutkan dengan air panas kemudian disiramkan pada keramik kamar mandi. Tunggu beberapa saat dan sikat keramik tersebut dengan cara melingkar. Meski tidak bisa memberikan hasil seperti baru, namun cara ini cukup efektif untuk menjaga kamar mandi anda tetap bersih dan kinclong.

Kami rasa cukup sekian untuk tips Membuat Cairan Pembersih Keramik Kamar Mandi. Semoga bisa membantu!