oleh

Cara Mengupas Cat Tembok Lama

-Dinding, Tips-18 views

Ada langkah-langkah sederhana yang perlu anda terapkan dalam tata Cara Mengupas Cat Tembok Lama yang sudah mulai pudar. Hal ini bertujuan supaya ketika anda hendak memperbarui warna cat tembok, maka akan lebih mempermudah dalam penerapan serta mengecat ulang dinding yang sudah mulai lapuk, berjamur, retak-retak dan lain sebagainya. Nah sebagai salah satu contoh umum yang paling sering dilakukan oleh para tukang, berikut kami merangkum langkah-langkah pengelupasan cat dinding dengan cara mudah.

Sebelum benar-benar melakukan tips Cara Mengupas Cat Tembok Lama ini, tentu hal pertama yang harus anda perhatikan ialah tingkat kerusakan pada dinding. Seperti halnya mengecek keretakan, adanya jamur, dan lain sebagainya. Dengan kata lain langkah ini akan mempermudah dalam penerapan cat baru yang nantinya akan anda lakukan. Jika retak atau berlubang, maka anda bisa melakukan penambalan terlebih dahulu. Nah beranjak pada langkah selanjutnya, untuk mengelupas cat dinding lama ada beberapa hal yang perlu anda lakukan seperti berikut ini!

Cara Mengupas Cat Tembok Lama

1. Membasahi Cat Tembok Atau Dinding

Dikarenakan cat tembok sangat berbeda dengan tekstur cat kayu atau besi, jadi anda tidak membutuhkan paint remover atau yang sejenisnya. Hal pertama ialah dengan menyiapkan ember yang berisi air dan usapkan secara merata pada lapisan tembok sampai basah. Jika selesai tunggu sampai air sudah mulai mengering.

2. Mengelupas Cat Tembok

Alat yang perlu anda siapkan ialah kape karena alat ini yang memang paling umum digunakan. Namun bisa juga dengan alternatif lain yang intinya bisa digunakan untuk menggosok dinding supaya cat mengelupas. Jika menggunakan kape, usahakan bagian ujung sudah diasah (ditajamkan) supaya pengelupasan lebih mudah dan tidak alot. Dengan tekstur tembok yang masih setengah basah, tentu cat akan lebih gambah untuk anda bersihkan.

3. Menghaluskan Tembok

Proses selanjutnya anda bisa menggunakan amplas kasar supaya sisa-sisa cat pada tembok bisa bersih secara optimal. Tentu langkah ini juga yang nantinya bisa mempermudah anda untuk melapisi dinding dengan warna tampilan yang baru. Namun untuk hasil yang lebih optimal, bisa juga dengan melapisi tembok dengan plamir sebagai dasar supaya warna cat lebih memantul.

Tips Tambahan Sebelum Melakukan Pengelupasan Cat Tembok

  • Pastikan anda menggunakan pelindung tubuh seperti kacamata, sarung tangan, masker dan lain sebagainya guna mencegah adanya kontaminasi bahan kimia yang terdapat pada cat tembok.
  • Sebagai tambahan tips untuk mengelupas cat tembok dengan bahan kimia, ada beberapa jenis paint remover yang memang dikhususkan untuk membersihkan sisa cat yang ada di dinding. Usapkan secara merata dan cat tembok akan menggelembung serta akan lebih mudah dibersihkan.
  • Jangan tunggu air ataupun paint remover di tembok mengering, sebab akan mempersulit pekerjaan anda karena cat kembali padat. Usahakan menggunakan spatula atau kape yang ujungnya sudah lancip.
  • Jika sudah dikelupas seluruhnya, haluskan tembok dengan amplas supaya penerapan cat selanjutnya bisa lebih mudah. Tentu anda harus menambah pengamanan seperti masker karena kemungkinan akan lebih banyak debu.
  • Tips terakhir ialah dengan membersihkan sisa debu yang masih menempel pada dinding. Bisa menggunakan lap atau alat lain sehingga debu benar-benar bersih. Jangan lupa basahi terlebih dulu lap yang akan digunakan.

Sekian artikel Cara Mengupas Cat Tembok Lama dari kami dan semoga bisa membantu!!!