oleh

6 Cara Mengkilapkan Cat Tembok

-Tips-172 views

Adakah 6 Cara Mengkilapkan Cat Tembok yang sederhana dan mudah dilakukan? Pertanyaan ini mungkin tidak berlaku jika anda sudah membaca artikel yang kami tulis ini. Sebab disini kami akan membagikan beberapa tips yang bisa membantu khususnya dalam menjadikan cat tembok dirumah anda lebih mengkilap dan awet daripada yang sebelumnya. Seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan? Tentu anda perlu menyimak tulisan ini sampai selesai.

Seperti yang anda ketahui, cat tembok merupakan salah satu elemen rumah yang dibutuhkan untuk mempercantik penampilan. Entah itu dari segi warna dan penerapan, tentu semua hal harus diperhatikan agar hasil yang diperoleh bisa lebih optimal. Bagi anda para tukang atau yang memang bekerja sebagai ahli cat, mungkin cara ini sudah umum dan sering digunakan dalam treatmen pengecatan rumah. Tapi bagaimana bagi yang belum paham? Tentu sudah pantas jika anda ingin mencoba sendiri dan meningkatkan kreatifitas dalam melakukan semua hal dirumah. Salah satu contohnya ialah mendesain ulang warna cat tembok yang sudah mulai kusam. Adapun langkah-langkah dalam menerapkan trik supaya cat tembok tetap mengkilap ialah :

6 Cara Mengkilapkan Cat Tembok

1. Pemilihan Warna

Hal ini sangat penting bagi anda untuk memilih warna cat tembok yang dikehendaki. Tidak masalah soal merk, yang jelas anda harus menyelaraskan warna tersebut dengan favorit anda. Usahakan warna yang anda pilih lebih terang dan bisa memantulkan cahaya dari lampu ketika malam hari. Jika warna cat yang anda pilih identik dengan redup, maka tidak mustahil jika rumah anda terlihat kusam dan gelap.

2. Mengoplos Cat Dengan Lem

Meski yang anda gunakan merupakan jenis cat dengan kualitas rendah, namun hal tersebut masih bisa diakali dengan mencampurkan lem kayu sebagai penambah daya rekat. Selain itu, lem yang anda gunakan juga akan menjadikan cat lebih mengkilap serta lebih tahan lama. Dikarenakanberbeda dengan cat kayu dan besi yang menggunakan thiner, jadi anda bisa menambahkan air jika perpaduan cat tembok dan lem terlalu kental.

3. Melakukan Plamir Terlebih Dahulu

Tidak adanya daya pantul pada cat tembok karena bagian dasarnya kurang tebal. Hal ini bisa jadi karena anda tidak memplamir tembok terlebih dahulu sebelum dilakukan pengecatan. Mudahnya racikan plamir bisa anda buat sendiri dengan takaran semen putih 2kg, kalsium 1g, dan 1 bungkus lem kayu dengan berat 1/2kg. Campur ketiga bahan hingga memperoleh adonan yang sesuai. Tipsnya ialah jangan terlalu encer agar lem bisa berpadu dengan sempurna.

4. Melakukan Cat Ulang

Dikarenakan warna cat yang lama sudah memudar, tentu anda harus melakukan cat ulang supaya tembok anda kembali mengkilap. Sebelumnya anda harus membersihkan dinding terlebih dahulu (seperti debu, kotoran, dll) dan terapkan warna cat yang sama seperti sebelumnya. Jika ingin menambah daya kilap, anda bisa melakukan penambahan lem kayu pada adonan yang ingin diterapkan. Cat ulang ini tidak hanya berlaku untuk dinding lama, melainkan bisa pula diterapkan pada dinding baru yang mempunyai warna tidak rata.

5. Perhatikan Kualitas Cat

Untuk tips ini anda bisa bertanya langsung pada penyedia atau toko bahan bangunan di daerah anda. Sebab meski dengan harga murah, adapula jenis cat tembok yang memberikan kualitas terbaik supaya konsumen mereka tidak kecewa. Lebih baik bertanya dan jangan terkecoh dengan harga.

6. Menyesuaikan Cahaya

Tips yang termasuk 6 Cara Mengkilapkan Cat Tembok ini tidak berlaku jika lampu atau pencahayaan di rumah anda redup. Mungkin bisa dibilang bahwa lampu yang redup mampu menciptakan suasana romantis, tapi ada baiknya jangan dijadikan penerangan utama. Lampu ini hanya sebagai alternatif yang bisa anda terapkan ketika hendak tidur dan ditaruh diatas meja. Cahaya terang akan memaksimalkan warna pada cat untuk memantulkan dan menjadikannya terlihat mengkilap.

6 Cara Mengkilapkan Cat Tembok ini sangat sederhana dan siapapun bisa menerapkannya. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba supaya rumah anda terlihat seperti yang diinginkan.