oleh

14 Cara Membersihkan Kaca Jendela Yang Berkerak

-Tips-44 views

Bagaimana 14 Cara Membersihkan Kaca Jendela Yang Berkerak? Jika anda lebih kreatif dan mencari lebih banyak infromasi, tentu tidak akan ada tanda tanya seperti yang tertera pada judul diatas. Namun bagi yang sudah terlanjur, berikut ini kami akan melampirkan beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk menjadikan kaca pada jendela rumah kembali kinclong. Simak sampai selesai ya supaya anda bisa menerapkannya sendiri dirumah!

Jendela merupakan salah satu elemen penting yang harus ada dalam rekonstruksi atau pembangunan rumah. Selain mempunyai peranan penting dalam menambah pencahayaan, jendela juga berfungsi sebagai alur keluar masuknya angin pada ruangan. Dengan kata lain jendela tersebut diperlukan sebagai alat sirkulasi yang bisa menjaga kelembapan, suhu, dan kebersihan udara di dalam rumah. Namun tidak elok dilihat jika kaca jendela yang bening berubah warna menjadi kecoklatan dan terkadang sampai berkerak. Nah, apa saja bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela? Berikut rincian selengkapnya!

14 Cara Membersihkan Kaca Jendela Yang Berkerak

1. Kertas Koran Dan Minyak Tanah

Minyak tanah mempunyai manfaat yang cukup efektif untuk mengangkat kerak yang terdapat pada kaca. Sedangkan koran bisa menjadikan kaca terlihat lebih bening dan membersihkan kotoran secara maksimal. Adapun hal pertama yang perlu anda lakukan ialah membasahi kaca jendela dengan minyak tanah secara merata (cukup dioleskan saja alias tidak perlu berlebih). Selanjutnya gosok kaca dengan kertas koran hingga semua kerak terangkat. Bisa pula dengan membasahi koran terlebih dahulu dengan minyak tanah kemudian digosokkan langsung pada kaca.

2. Cuka Makanan

Umumnya cuka digunakan untuk menambah rasa segar pada makanan. Tidak terkecuali makanan berkuah seperti bakso, soto, dll. Namun disini peranannya sedikit diubah yaitu digunakan sebagai pembersih kaca dengan harga lebih murah dan penerapan sangat mudah. Campur kan cairan cuka dengan air hangat kemudian usapkan pada kaca sembari di lap menggunakan kain halus.

3. Pasta Gigi

Bahan ini mempunyai paduan bahan yang mempunyai fungsi untuk pembersih dan memutihkan. Dengan kata lain pasta gigi bisa anda gunakan untuk mmebrsihkan kaca jendela dari kerak ataupu kotoran. Sebagai alternatif dari 14 Cara Membersihkan Kaca Jendela Yang Berkerak, penerapan bisa dilakukan dengan cara dilarutkan terlebih dahulu dengan sedikit air kemudian diusapkan pada kaca yang ingin dibersihkan. Selanjutnya keringkan menggunakan kain lap hingga bersih.

4. Kapur Tulis

Kapur tulis juga mempunyai fungsi yang cukup baik dalam menjadikan kaca lebih bersih dan kinclong. Penerapan ialah dengan merendam kapur hingga basah kemudian digosokkan pada area kaca yang kotor dan ingin dibersihkan. Memang terbilang unik namun sangat ampuh bagi anda yang ingin menjadikan kaca jendela dirumah anda lebih berkilau.

5. Lemon

Perasan dari jeruk ini sangat umum dijadikan alternatif untuk berbagai kebutuhan. Karena kandungan antioksidan didalamnya cukup baik dalam menjaga kesehatan tubuh lebih optimal. Namun disini jeruk lemon juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kaca yang mampu mengangkat kotoran serta kerak yang menempel.

Selain beberapa bahan yang sudah kami sebutkan diatas, 14 Cara Membersihkan Kaca Jendela Yang Berkerak juga bisa anda lakukan dengan alternatif berikut ini.

6. Baking Soda
7. Natrium Karbonat
8. Tembakau
9. Tepung Maizena
10. Air Teh
11. Bubuk Kaporit
12. Pemutih Pakaian
13. Alkohol
14. Pembersih Wajah

Untuk bahan-bahan lain diatas mempunyai cara dan penggunaan yang sama. Anda hanya perlu menyiapkan dan kemudian digosokkan pada kaca yang kotor dan berkerak. Jika dilakukan secara rutin, maka tidak mustahil bagi anda untuk menjadikan kaca jendela tersebut lebih bersih dan kinclong.