oleh

Ajaibnya Desain Combo “Bathroom Closet” untuk Diaplikasikan di Kamar Mandi Anda!

Ada sebuah istilah ruangan “combo” yang cukup populer belakangan ini dan istilah tersebut mengacu pada konsep desain ruangan yang menggabungkan dua atau lebih fungsi. Aplikasi yang cukup populer dari konsep ruangan “combo” akhir-akhir ini adalah desain kamar mandi berlemari atau lebih dikenal dengan sebutan bathroom closet. Closet di sini bukan mengacu pada kloset duduk lho ya! Closet di sini mengacu pada lemari yang biasanya digunakan untuk menyimpan pakaian.

Apa Itu Bathroom Closet?

Dengan melihat namanya, pastinya Anda sudah bisa menebak desain kamar mandi seperti apakah bathroom closet ini. Kombinasi yang dilakukan di sini adalah dengan menggabungkan kamar mandi dengan lemari penyimpanan baju pada ruangan yang sama. Umumnya, lemari penyimpanan baju diletakkan di kamar tidur dan cukup jauh dengan kamar mandi. Alasannya adalah agar lemari tidak basah dan membuat basah baju-baju yang di dalamnya. Tapi ternyata ada ide untuk menggabungkan dua hal yang sangat bertentangan tersebut. Bahkan desain semacam ini menjadi semacam trend akhir-akhir ini dan menjadi ide yang banyak diaplikasikan di konsep desain kamar mandi yang minimalis dan modern.

Mengapa Desain Ini Populer?

Ada beberapa alasan mengapa desain semacam ini bisa populer. Yang pertama jelas dari segi penampilan. Keberadaan lemari di area kamar mandi ternyata bisa memberikan nuansa baru dan sensasi yang berbeda dari kamar mandi itu sendiri. Alasan yang kedua berhubungan dengan luas ruangan. Mungkin Anda mengira untuk bisa memiliki desain dengan konsep ini, Anda harus memiliki kamar mandi berukuran besar. Ternyata tidak harus selalu seperti itu. Bahkan, kebanyakan dari ide konsep desain ini diaplikasikan pada kamar mandi yang ukurannya kecil. Dengan memberikan lemari di sana, ukuran kamar mandi jadi terkesan lebih besar. Lho, kok bisa seperti itu? Kalau kamar mandi yang sudah sempit masih ditambah lemari, bukannya malah akan jadi tambah sempit? Di sinilah letak “keajaiban” dari desain bathroom closet ini. Closet atau lemari baju umumnya malah digunakan sebagai sekat, alih-alih menggunakan tembok. Jadi pada dasarnya, desain semacam ini menggabungkan dua ruangan menjadi satu. Dengan ide desain kamar mandi walk-in yang digabungkan dengan konsep ini, hasilnya adalah kamar mandi dengan ukuran yang lebih besar. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar di bawah ini.

Nah, coba Anda lihat gambar di atas. Kalau Anda perhatikan sebenarnya ukuran kamar mandinya tidak bisa dikatakan kecil juga. Tapi paling tidak Anda bisa mendapatkan gambarannya. Coba Anda fokuskan pandangan Anda ke area kamar mandi yang berada di bagian kiri gambar. Itu area kamar mandinya saja. Kemudian, di bagian kanan, Anda bisa melihat area lemari pakaian. Pada dasarnya, gambar itu menunjukkan dua ruangan yang berbeda. Tapi karena lemari pakaian dijadikan menjadi sekat pembatas saja, seolah-olah dua ruangan itu menjadi satu. Anda bisa mendapatkan impresi ukuran kamar mandi yang lebih besar, atau ukuran tempat lemari penyimpanan baju yang lebih besar. Yang manapun tidak jadi masalah. Yang jelas ilusi ruangan yang lebih besar bisa diperoleh dengan trik desain ini.

Bagaimana? Menarik bukan? Jika Anda memang ingin mencobanya, silakan coba saja desain kamar mandi yang satu ini dan coba bagikan pengalaman Anda.