oleh

Rahasia Membuat Desain Denah Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur dan Garasi Di Tanah Yang Tidak Terlalu Luas

Siapa bilang untuk bisa memiliki desain denah rumah minimalis 1 lantai dengan 3 kamar tidur dan garasi Anda harus memiliki tanah yang sangat luas? Ya, sebenarnya sangat wajar bagi Anda untuk berpikir seperti itu mengingat ada 3 kamar tidur yang ingin dibangun dan 1 garasi. Jika diandai-andaikan, Rahasia Membuat Desain Denah Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur dan Garasi itu setara seperti membangun rumah dengan 1 lantai dan 4 kamar. Tapi ternyata memang tidak selama tanah yang luas diperlukan untuk membuat desain semacam ini. dengan sedikit trik, khususnya tentang penataan ruangannya, luas tanah tidak terlalu besar-pun masih tetap bisa digunakan untuk membuat desain denah rumah minimalis 1 lantai dengan 3 kamar tidur dan garasi.

Rahasia Membuat Desain Denah Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur dan Garasi Di Tanah Yang Tidak Terlalu Luas

1. Trik Jika Luas Tanah Tidak Terlalu Besar

Perlu diingat, untuk bisa memiliki desain denah rumah 1 lantai dengan 3 kamar tidur dan garasi, Anda harus mempunyai luas tanah yang mencukupi. Paling tidak satu kamar tidur saja sebaiknya memiliki ukuran 2,5m x 2,5m walaupun idealnya ukurannya adalah 3m x 3m. Untuk salah satu ide penataan desainnya, Anda bisa melihat contoh yang diperlihatkan di gambar di bawah ini. Desainnya sangat simple. Dan Anda harus tahu bahwa sebenarnya penataan ruangannya seperti membagi rumahnya ke dalam dua area yang berbeda. Jika Anda membagi rumahnya menjadi dua bagian, yaitu bagian kanan dan kiri, Anda akan menemukan bahwa area kiri adalah area kamar tidur, dan area kanan merupakan area rumah yang lainnya.

Rahasia Membuat Desain Denah Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur dan Garasi Di Tanah Yang Tidak Terlalu Luas
Denah Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur dan Garasi

Rahasia Membuat Desain Denah Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur dan Garasi Di Tanah Yang Tidak Terlalu Luas dengan mengatur penataan. Hal seperti ini terbilang cukup efektif dalam mempergunakan lahan yang tersedia. Memang akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat denah jika 3 kamar tidur dijadikan dalam satu area. Untuk mempermudahnya, bagilah rumah Anda menjadi dua bagian. Kemudian di salah satu bagian, coba bayangkan areanya adalah berbentuk kotak dan kemudian Anda bagi menjadi empat. 3 dari 4 bagian tersebut Anda jadikan kamar tidur sementara satu bagiannya Anda jadikan kamar mandi. Demikianlah kira-kira bagaimana ide desain seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini dibuat.

Sementara untuk bagian yang lainnya (di dalam gambar, ditunjukkan dengan bagian paruh kanan rumah, Anda bisa menggunakannya untuk ruang tamu, ruang makan, dapur, dan juga garasi. Area tersebut dibiarkan seolah tanpa sekat sama sekali agar membuat kesan ruangan yang lebih luas dari pada kelihatannya. Tambahan sedikit halaman yang ada di belakang merupakan satu hal yang sangat bagus walaupun Anda tidak harus membuatnya. Denah ini mungkin terlihat mungil, tapi sudah bisa memberikan nuansa minimalis, fungsional, dan pastinya nyaman untuk ditinggali.

2. Bagaimana Jika Anda Punya Luas Tanah yang Cukup Besar

Ya, hanya dengan sekali lihat saja, Anda pasti bisa mengetahui bahwa denah rumah di bawah ini menggunakan lahan yang cukup besar ukurannya. Paling tidak, luas tanahnya lebih luas daripada gambar desain rumah yang sudah ditunjukkan sebelumnya. Perbedaan berikutnya yang paling mencolok adalah penataan rumah yang cenderung “melompat-lompat” apalagi jika Anda memperhatikan lokasi kamar tidurnya. Berbeda dari contoh yang pertama, denah rumah yang satu ini menunjukkan lokasi kamar tidur yang cukup tersebar. Hal ini sah-sah saja dilakukan asalkan tetap mengedepankan asas kenyamanan di dalamn rumah yang mana sepertinya bisa didapatkan dari denah ini.

Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan dari Rahasia Membuat Desain Denah Rumah Minimalis 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur dan Garasi Di Tanah Yang Tidak Terlalu Luas. Di sana digambarkan bahwa garasinya bisa menampung sampai dua mobil. Tentu saja denah semacam ini sangat cocok bagi Anda yang memang memiliki dua buah mobil. Walaupun sebagai imbas dari garasi yang berukuran besar, Anda mendapatkan ruang tamu yang tidak terlalu besar, tapi tetap saja ukurannya sudah mencukupi bagi Anda untuk sekedar bersantai di ruang tamu atau ketika menjamu tamu yang sedang mengunjungi rumah Anda.

Denah Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur dan Garasi Modern
Denah Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur dan Garasi Modern

Bagaimana menurut Anda tentang dua ide denah rumah minimalis 1 lantai 3 kamar tidur dengan garasi yang sudah disebutkan di atas? Manakah yang akan jadi pilihan Anda? Jika Anda memiliki luas tanah yang cukup terbatas, mungkin alternatif pertama melupakan pilihan yang terbaik. Namun jika luas tanah Anda memang mencukupi, alternatif kedua bisa jadi ide denah yang bisa Anda coba.