oleh

5 Tips Memilih AC Terbaik Untuk Kamar Tidur

Ada sekitar 5 Tips Memilih AC Terbaik Untuk Kamar Tidur. Sebab membeli dan memasang AC tidak serta merta dilakukan secara sembarangan, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan lokasi peletakan, luas kamar, penggunaan daya, dan juga hal lain yang masih dibutuhkan didalamnya. Dengan mempersiapkan segala hal sedari awal, tentunya anda sudah melakukan antisipasi dan memaksimalkan fungsi dari pendingin ruangan tersebut. Apa saja tips yang harus dilakukan? Ada baiknya jika anda membaca artikel ini sampai selesai!

AC mempunyai peranan penting untuk menjaga suhu dingin didalam ruangan. Sangat cocok digunakan pada ruang tertutup serta pada tempat yang memang mempunyai suhu panas. Contoh kasarnya ialah daerah perkotaan yang umum dengan masalah polusi sehingga menyebabkan udara pada lingkungan sekitar menjadi panas. Entah itu asap kendaraan, minimnya tanaman, dan juga aktifitas industri yang semakin padat.

5 Tips Memilih AC Terbaik Untuk Kamar Tidur

1. Beli AC Sesuai Kebutuhan

Pada tips ini anda harus menyesuaikan ukuran AC dengan luas ruangan yang ingin anda pakai. Karena dengan hal ini tentu anda bisa memaksimalkan fungsi dari pendingin ruangan tersebut. Jika ukuran terlalu besar, mungkin saja udara menjadi dingin namun pemakaian daya (listrik) juga besar. Jadi ada baiknya jika anda konsultasikan terlebih dahulu dengan penyedia sebelum anda benar-benar membelinya.

2. Perhatikan Letak Pemasangan

Hal terpenting lain dalam memasang AC ialah letak atau lokasi peletakan AC tersebut. Jangan memasang AC dekat pintu (diatas pintu), dekat plafon atau area lain yang menjadi alur masuk udara seperti jendela. Karena hal ini akan mempercepat perubahan suhu dan udara dari dalam lebih mudah keluar. Pasang di tengah-tengah ruangan atau yang lurus dari tempat tidur. Dengan begitu udara dingin yang anda rasakan lebih optimal.

3. Pilih AC Yang Hemat Daya

Tidak di pungkiri bahwa penggunaan AC pada ruangan akan sangat memakan daya. Hal ini tentunya akan menjadikan anda membayar lebih untuk pemakaian listrik bulanan. Dengan memilih AC hemat energi, tentu anda juga mendukung program meminimalisir adanya global warming yang kian hari semakin marak. Uniknya AC hemat energi sudah terdapat fitur inverter yang berperan penting untuk penyesuaian pemakaian. Jadi salah satu dari 5 Tips Memilih AC Terbaik Untuk Kamar Tidur ini wajib anda terapkan.

4. Lakukan Perawatan Rutin

Melakukan perawatan perlu dilakukan supaya mesin AC lebih awet dan tidak mudah rusak. Hal ini sudah umum dilakukan secara berkala atau paling tidak selama 3 bulan sekali. Lebih tepatnya jika anda bertanya atau berkonsultasi langsung pada penyedia jasa. Dalam jangka waktu tersebut anda juga bisa melakukan pengisian ulang freon dan menjaga kinerja AC tetap dingin seperti baru. Jika dikutip singkat, lebih baik mencegah kerusakan daripada memberbaiki.

5. Perhatikan Faktor Kesehatan

Mungkin hanya bisa berpikir tentang bagaimana mendinginkan ruangan. Padahal di sisi lain anda juga perlu memperhatikan lebih lanjut akan dampak yang ditimbulkan bagi tubuh. Salah satunya ialah aspek kesehatan yang bisa saja terganggu dengan adanya kuman atau virus pada udara. Namun untuk jaman sekarang sudah banyak sekali distributor (Produsen) AC yang menjual produk mereka dengan teknologi Plasmacluster. Teknologi ini berperan untuk membasmi bakteri yang tersebar dalam ruangan hanya dalam waktu 6 jam saja.

5 Tips Memilih AC Terbaik Untuk Kamar Tidur diatas tidak hanya mementingkan ruangan yang dingin, melainkan juga supaya udara dalam ruangan kamar tersebut lebih steril. Sekian dan semoga membantu!