oleh

Tips Agar Kamar Mandi Tidak Pengap

Adakah Tips Agar Kamar Mandi Tidak Pengap? Pertanyaan ini bisa saja muncul ketika kamar mandi dirumah anda terasa pengap dan berbau tidak sedap. Meskipun sudah dijaga kebersihannya, namun ruangan ini masih saja menyisakan masalah karena sirkulasi udara didalamnya tidak lancar. Maka dari itu jika anda ingin mendirikan bangunan berupa rumah, ada baiknya jika mempersiapkan secara matang mengenai desain, tata letak, dan penerapan ventilasi khususnya di kamar mandi. Karena ruangan ini sangat penting dan dibutuhkan selain tempat tidur yang digunakan setiap hari.

Kamar mandi menjadi tempat atau ruangan untuk anda membersihkan diri dari kotoran. Dan kegiatan ini dilakukan secara berulang setiap hari agar tubuh tetap bersih dan segar. Bahkan sebagian orang menjadikan kamar mandi sebagai tempat untuk menenangkan diri dengan berendam di air hangat. Namun bagaimana jika kamar mandi dirumah anda terasa pengap dan membosankan? Tentu anda harus mengambil langkah untuk menangani masalah tersebut. Adapun tata cara mengatasi ruang mandi yang pengap dan panas ialah :

Tips Agar Kamar Mandi Tidak Pengap

1. Menambah Ventilasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa ventilasi (jendela) juga sangat dibutuhkan pada ruang kamar mandi. Dengan begitu sirkulasi udara didalamnya akan terus berjalan. Tidak perlu ukuran yang besar, cukup terapkan beberapa lubang supaya menjadi jalur untuk keluar masuk angin. Hal ini bisa anda kosultasikan dengan tukang karena mereka lebih paham tentang bagaimana cara menerapkan ventilasi pada kamar mandi. Tips Agar Kamar Mandi Tidak Pengap yang pertama ini merupakan cara yang paling efektif.

2. Kurangi Jumlah Air

Jumlah air yang banyak pada kamar mandi akan menjadikan ruangan terasa lembab. Sebagai salah satu cara untuk mengatasi kelembapan pada ruang ini ialah dengan mengurangi jumlah air. Desain ulang kamar mandi anda dengan tidak menggunakan bak mandi. Gunakanlah shower sebagai alternatif untuk membersihkan badan dari kotoran. Selain mampu mengurangi pengap, penggunaan shower juga akan menghemat pemakaian air. Cara kedua dari Tips Agar Kamar Mandi Tidak Pengap ini bisa anda coba. Namun tentunya harus mengeluarkan biaya lebih untuk detanaorasi ulang.

3. Mengatur Pencahayaan

Ada begiu banyak orang yang tidak sadar bahwa kamar mandi juga membutuhkan penerangan yang cukup. Dengan memvariasikan tata lampu dan pemilihan warna yang sesuai, maka secara tidak langsung bisa mengurangi kesan pengapTanadan lembab didalamnya. Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tambahan aksesoris sekaligus. Salah satunya ialah cermin, gantungan lampu, dan lain-lainnya.

4. Meletakkan Tanaman Hias

Tanaman mempunyai fungsi yang cukup baik dalam mengurangi karbondioksida dan udara yang tidak sedap pada ruang kamar mandi. Sebagai salah satu alternatif, pilihlah jenis tanaman hias yang dapat memperindah tampilan ruangan. Umumnya jenis yang cocok ialah tanaman dengan tekstur daun tebal.

5. Menggunakan Jalusi Dan Exhaust Fan

Alat ini mempunyai peranan untuk menyedot udara yang ada dalam ruang yang dimaksud. Seperti layaknya pabrik dan penghisap yang terdapat pada AC, maka akan sangat mumpuni untuk menjaga ruang kamar mandi tidak pengap. Namun anda harus melakukan dekorasi ulang dan biaya yang lebih mahal untuk menerapkan tips ini.

Bagaimana? Apa anda berminat untuk mencoba? Tentu anda bisa memilih dari yang paling sederhana serta mengukur kemampuan dari keuangan anda. Selamat mencoba!