oleh

Ini Dia Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Benar dan Tepat!

Membersihkan kamar mandi, khususnya bagian lantainya, itu bukan perkara yang gampang lho. Kalau tidak percaya coba saja sendiri. Membersihkan lantai kamar mandi itu tidak ad acara instannya. Ada beberapa langkah yang hukumnya wajib ‘ain buat dilakukan. Ketinggalan satu langkah saja maka hasilnya akan berbeda dan tidak optimal. Nah, mau tahu bagaimana cara membersihkan lantai kamar mandi dengan baik dan benar? Mari kita tengok sama-sama.

Pentingnya Kamar Mandi Bagi Anda

Ingatlah bahwa kamar mandi itu bagian yang sangat penting bagi rumah Anda. Bahkan bisa dibilang, ruangan ini merupakan tempat kedua terpenting setelah kamar tidur. Di kamar mandi, Anda tidak cuma sekedar membersihkan badan saja lho. Kalau Anda tidak menyadarinya, sebenarnya selama Anda mandi itu Anda juga sedang berusaha untuk mendapatkan relaksasi. Makanya biasanya Anda merasa segar dan moodnya lebih bagus setelah membersihkan badan di kamar mandi kan? Tapi kondisi tersebut akan jadi terdengar cukup mustahil kalau kamar mandi Anda tidak bersih. Apalagi kalau lantainya tidak bersih. Bukan hanya Anda akan merasa jijik, bisa-bisa Anda terpeleset dan terluka karena lantai kamar mandi yang kotor.

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi

Untuk memulai membersihkan lantai kamar mandi, percaya atau tidak, sebaiknya Anda menyapunya. Ini sudah saya praktekkan sendiri dan usahakan agar lantai kamar mandi dalam keadaan kering terlebih dahulu. Tujuan utamanya tentu saja untuk menghilangkan debu-debu dan partikel-partikel yang kecil. Kalau Anda melewatkan langkah ini, kotoran atau debu akan menempel di lantai dan bisa semakin susah bagi Anda untuk melakukan langkah-langkah yang berikutnya.

Kemudian, cobalah untuk memanaskan permukaan lantai kamar mandi. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menyiram air panas di lantai kamar mandi. Tujuannya adalah untuk membunuh kuman dan untuk mempermudah Anda dalam cara membersihkan lantai kamar mandi nantinya. Ya, saat suhu permukaan lantai kamar mandi sudah lebih panas, usaha Anda untuk membersihkannya akan lebih efektif.

Setelah Anda selesai melakukan langkah ini, barulah kemudian Anda menggunakan air sabun pembersih lantai. Di sabun pembersih lantai ini biasanya sudah terdapat disinfektan yang berfungsi untuk membunuh kuman. Jadi, pada dasarnya kuman-kuman di kamar mandi yang menyebabkan bau, licin, dan kotor, dibunuh dengan dua tahap yang berbeda. Yang pertama, dengan air panas, dan yang kedua dengan air sabun.

Lalu, sikatlah lantai kamar mandi untuk menghilangkan kotoran yang membandel dan menempel. Lakukan secara menyeluruh terutama di bagian sela-sela antara ubin dan ubin lainnya karena di sanalah biasanya kotoran lebih sukar dihilangkan. Kemudian, guyur dengan menggunakan air dingin sampai tidak ada lagi sabun yang tersisa. Jangan berpikir bahwa cara membersihkan lantai kamar mandi hanya selesai sampai di sini saja. Masih ada langkah terakhir yaitu mengeringkan lantai kamar mandi. Mungkin Anda berpikir, “Lho, buat apa dikeringkan, toh nanti juga basah lagi?”

Percayalah, kalau Anda sudah selesai membersihkan lantai kamar mandi dan kemudian Anda meninggalkannya dalam keadaan basah, bisa-bisa Anda harus mengulangi membersihkan lagi. Pasalnya, lantai kamar mandi yang ditinggalkan dalam keadaan basah akan lebih mudah kotor lagi. Jadi, akan lebih baik bagi Anda untuk mengeringkan lantai kamar mandi setelah selesai bersih-bersih. Anda bisa menggunakan alat pel yang kering untuk mengeringkan air atau Anda juga bisa menggunakan lap.

Langkah-langkah di atas mungkin terdengar cukup merepotkan tapi semua langkah tersebut saling berhubungan satu sama lain. Jadi, usahakan untuk melakukan semua langkah di atas agar lantai kamar mandi Anda benar-benar bisa bersih dan akan berakibat positif pada kepuasan Anda dalam menggunakan kamar mandi.