oleh

3 Trik Jitu Mendapatkan Rumah Idaman dengan Anggaran yang Pas-pasan

3 Trik Jitu Mendapatkan Rumah Idaman

Masih ingatkah Anda tentang aspek-aspek apa saja yang akan menentukan kualitas hidup Anda? Ya, paling tidak ada tiga aspek yang harus Anda perhatikan, yaitu sandang, pangan, dan papan. Ketiga hal tersebut harus bisa Anda penuhi agar kualitas hidup Anda terjaga. Dan khusus untuk aspek yang terakhir, yaitu papan atau tempat tinggal, Anda harus benar-benar berusaha sekuat tenaga.

Kenapa Anda harus bersikap seperti itu? Alasannya sangatlah sederhana: memiliki rumah itu bukan perkara mudah dan harganya juga mahal. Anda mungkin sudah mengetahui bagaimana harga rumah itu cenderung selalu naik seiring berjalannya waktu. Tapi di saat yang sama, Anda juga sangat tidak disarankan untuk bersikap terburu-buru membeli rumah karena efeknya bisa cukup fatal. Sebagai contoh, Anda terburu-buru memiliki rumah padahal keuangan Anda sebenarnya belum terlalu kuat. Akibatnya, bisa-bisa Anda akan kehilangan rumah Anda dalam waktu yang singkat karena Anda harus menjualnya. Kalaupun Anda memiliki uang yang cukup, Anda juga tidak disarankan untuk terburu-buru karena bisa-bisa Anda memilih rumah yang salah dan akan menyebabkan rasa kecewa pada akhirnya.

Bagi Anda yang memiliki anggaran yang tidak terlalu banyak tapi Anda ingin segera memiliki dan mendapatkan rumah idaman, sebenarnya keinginan tersebut bukanlah hal yang mustahil. Asalkan Anda tahu trik-triknya, Anda benar-benar bisa mewujudkan keinginan Anda tersebut. Beruntung bagi Anda menemukan artikel ini karena trik-triknya akan di bawah di bawah ini.

1. Luangkan Waktu untuk Berburu Rumah

Ya, cobalah untuk menutupi kekurangan Anda dari segi anggaran dengan meluangkan waktu untuk berburu rumah. Percaya atau tidak, yang namanya mencari rumah itu seperti Anda mencari jodoh. Jika Anda tidak mengejarnya, maka Anda tidak akan bisa mendapatkannya. Dan percaya atau tidak, ada rumah yang sesuai dengan keinginan Anda di luar sana yang harganya sesuai dengan anggaran pas-pasan yang Anda miliki. Sekali lagi, yang Anda perlu lakukan adalah untuk meluangkan waktu untuk menemukan rumah tersebut. Anda tidak bisa hanya ongkang-ongkang dan santai-santai saja sambil menunggu penual rumah menawari Anda. Cara mencarinya juga bisa beraneka ragam mulai dari bertanya pada orang-orang sekitar atau yang Anda kenal. Atau Anda juga bisa menggunakan bantuan dari iklan yang tayang di berbagai media.

2. Cari Melalui Internet

Trik yang satu ini sudah sedikit disinggung di atas yaitu berhubungan dengan usaha mencari rumah menggunakan berbagai media. Internet memang salah satu media yang amat sangat direkomendasikan untuk mempermudah Anda mencari dan mendapatkan rumah idaman. Ada banyak sekali rumah yang ditawarkan secara online dan informasi detail mengenai rumah-rumah tersebut biasanya sudah tersedia. Jadi, Anda bisa langsung mengontak pemiliknya untuk bertanya lebih jauh lagi. Internet juga memungkinkan Anda untuk melakukan perburuan rumah dari mana saja dan kapan saja. Bahkan Anda bisa melakukannya di sela-sela waktu kerja Anda (tapi tetaplah berhati-hati agar jangan sampai mengganggu pekerjaan).

3. Gunakan Bantuan Agen Properti

Trik yang terakhir ini bisa dikatakan sebagai trik yang pamungkas. Agen properti sudah mengumpulkan informasi atau listing rumah-rumah yang dijual. Anda tinggal mendatanginya dan mengungkapkan keinginan Anda. Nantinya, keinginan Anda tersebut akan disesuaikan dengan daftar rumah-rumah dijual yang ada di listing milik agen properti tersebut. Sebagai contoh, Anda datang ke agen properti A dan mengatakan bahwa Anda ingin punya rumah di daerah X dan harganya berkisar antara 300 juta – 400 juta. Agen properti akan langsung mencarikan yang sesuai dengan keinginan Anda tersebut. Bahkan Anda juga bisa meminta bantuan agen properti tersebut untuk mempermudah proses jual beli seperti mencarikan notaris dan lain sebagainya.

Itulah dia beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk membantu mendapatkan rumah idaman dengan dana yang terbatas. Ingat, jangan menyerah meskipun anggaran Anda tidak banyak. Kalau Anda mau berusaha, rumah idaman sangat mungkin untuk menjadi milik Anda.