oleh

Lebih Murah KPR Atau KTA?

-Berita, Tips-54 views

Ada begitu banyak pertanyaan terkait dengan Lebih Murah KPR Atau KTA? Hal itu tidak luput dari lebih murah  KPR dan KPA sehingga banyak orang yang mencari informasi mengenai hal tersebut. Untuk menjawab pertanyaan anda tentang kelebihan KPR dan KPA, mungkin anda bisa menilai sendiri dengan melihat penjelasan yang kami sediakan dibawah ini. Sebab tanpa dijawab pun anda pasti sudah bisa menilai sendiri dan ingin menerapkan jalan yang mana untuk memperoleh rumah idaman seperti yang anda inginkan.

Lebih Murah KPR Atau KTA?

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Mengenai Kerdit Tanpa Agunan, KTA bisa digunakan untuk berbagai hal yang salah satunya ialah DP rumah baru, biaya pendidikan, pernikahan, modal usaha, pengobatan, renovasi rumah, dan lain sebagainya. Produk ini bisa menjadi jalan atau solusi instan bagi anda yang belum mempunyai uang untuk membayar DP karena selain prosesnya mudah, KTA juga mempunyai beberapa kelebihan yang terkait dengan cicilan murah (ringan), syarat mudah, dan tentunya bunga yang diterapkan pun tergolong rendah. Guna menjawab pertanyaan Lebih Murah KPR Atau KTA? Anda bisa baca lebih lanjut!

Jika anda berminat untuk mengajukan KTA, ada beberapa persyaratan yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Syarat-sayarat tersebut mencakup :

  1. Tergolong Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Melengkapi Dokumen-dokumen yang diperlukan
  3. Sudah berusia 21 hingga 55 tahun
  4. Mempunyai Penghasilan bersih dengan rata-rata Rp. 3 juta perbulan. Dengan rincian karyawan, wiraswasta, ataupun profesional lainnya.

Jika sudah melengkapi persyaratan tersebut, ada beberapa kelebihan yang bisa anda peroleh dengan mengajukan KTA tersebut. Keuntungan dari pengajuan KTA berupa :

  1. Proses pelayanan cepat dan juga pengajuan kredit lebih mudah.
  2. Pinjaman yang anda lakukan tidak memerlukan Jaminan (Agunan).
  3. Suku bunga tidak berubah selama masa kontrak kredit.
  4. Penggunaan pinjaman bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  5. Mempunyai limit pinjaman hingga Rp.300 juta
  6. Periode cicilan disesuaikan mulai dari 12 hingga 60 bulan.
  7. Mendapat pelindungan Asuransi (Hanya dari Produk KTA Bank tertentu).

Meski terlihat sangat menggiurkan, ternyata KTA juga mempunyai kekurangan yang perlu anda cermati. Hal ini juga sangat tidak disarankan oleh Bank Indonesia dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) karena bisa menimbulkan kekacauan dengan tata keuangan anda. KTA merupakan suatu pinjaman besar dengan jangka pendek dan juga bunga yang cukup besar. Lebih Murah KPR Atau KTA? Lihat perbandingan selanjutnya!

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Bagaimana dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah)? Produk ini memang ditujukan untuk pembiayaan membeli rumah dari 85% hingga 90% dari harga. Meskipun sudah ada perusahaan yang menyalurkan pembiayaan perumahan (Housing Finanching), namun hingga kini KPR juga bisa anda ajukan pada perbankan secara langsung. Namun dikarenakan para pengembang sudah melakukan kerja sama dengan bank, maka hal tersebut akan mempermudah proses anda untuk mengajukan KPR.

Untuk mengajukan suatu KPR, anda perlu mengisi beberapa formulir pemesanan unit dari pengembang yang kemudian melunasi DP yang dibutuhkan. Dengan ini anda juga harus menyiapkan dokumen-dokumen penting yang tertera pada daftar persyaratan tersebut. Umumnya dokumen yang diperlukan ialah :

  1. Foto copy KTP dari Pemohon (Usia harus tidak lebih dari 50 tahun).
  2. Akta nikah atau cerai
  3. Surat Keterangan WNI
  4. Kartu keluarga
  5. Dokumen kepemilikan Agunan (SHM, IMB, PBB)

Namun apabila anda seorang karyawan, ada beberapa dokumen tambahan yang perlu anda persiapkan.

  1. Slip Gaji
  2. Surat Keterangan dari perusahaan tempat kerja
  3. Buku Tabungan yang menampilkan Kondisi rekening 3 bulan terakhir

Sedangkan untuk wiraswasta, ada baiknya jika melampirkan bukti catatan rekening bank, NPWP, SIUP, Tanda daftar perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha, dll.

Jika melihat keterangan diatas, tentu KTA cukup membahayakan untuk proses pembelian rumah. Ada baiknya anda menerapkan KPR yang lebih aman dan tentu tidak membelit anda dikemudian hari. Tapi anda harus memperhatikan juga target harga dan juga lokasi sebelum benar-benar mengajukan KPR. Masihkah anda mau bertanya tentang Lebih Murah KPR Atau KTA?