oleh

Langkah-langkah dan Cara Mendapatkan KPR FLPP

Cara mendapatkan kpr flpp akan dijelaskan secara detil dan saya asumsikan pada titik ini Anda sudah memahami tentang apa itu KPR FLPP, latar belakang terciptanya program ini, dan tujuannya. Jika Anda belum terlalu memahami, mungkin Anda sebaiknya membaca artikel saya terlebih dahulu tentang asal-usul program KPR FLPP dari A sampai Z di sini. Dan saya asumsikan juga Anda sudah mengetahui tentang syarat-syarat untuk mendaftar program ini. Jika Anda belum tahu mengenai syarat-syaratnya, Anda bisa cek penjelasan paling lengkapnya di sini.

Mengapa saya membuat asumsi tersebut? Alasannya adalah karena di sini kita akan mengupas tuntas tentang bagaimana langkah-langkah untuk mendaftar program KPR FLPP. Jujur saja, semenjak saya mengangkat topik program KPR FLPP ini di website SejutaRumah.id ini, banyak sekali pengunjung yang penasaran tentang program pemerintah ini. Sebenarnya rasa penasaran tersebut memang sangat wajar mengingat program ini amat sangat membantu masyarakat khususnya yang berada di golongan ekonomi yang lemah. Sangat bisa dipahami jika banyak masyarakat yang tertarik dengan program ini mengingat mereka bisa berpeluang mendapatkan subsidi untuk bisa memiliki rumah dengan harga yang lebih murah. Inilah kenapa banyak orang yang mendapatkan hak untuk menikmati program KPR FLPP ini. Lalu, bagaimana cara mendapatkan kpr flpp? Untuk mempermudah Anda memahaminya, mungkin Anda bisa melihat gambar di bawah ini.

Tata Cara Mendapatkan KPR FLPP
Tata Cara Mendapatkan KPR FLPP

Dari skema di atas sedikit banyak seharusnya Anda sudah mengetahui langkah-langkah atau cara mendapatkan KPR FLPP. Namun, untuk semakin memperjelasnya, Anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Cara mendapatkan KPR FLPP

1. Mencari Informasi Lokasi

Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi lokasi program Sejuta Rumah di sekitar Anda. Perlu Anda tahu, hanya rumah-rumah yang termasuk dalam program Sejuta Rumah sajalah yang bisa dibeli dengan program KPR FLPP. Jadi jika kebetulan Anda sedang berjalan-jalan dan melihat ada iklan rumah yang dijual dan menerima sistem KPR, Anda tidak bisa berharap rumah tersebut bisa dibeli dengan metode KPR FLPP. Sekali lagi, rumah yang bisa dibeli dengan sistem KPR FLPP hanyalah rumah yang sudah disediakan oleh pemerintah. Untuk mencari lokasi yang terdekat, Anda bisa mencari melalui internet. Bisa melalui website SejutaRumah.id. Atau Anda bisa langsung saja ke bank yang menjadi partner resmi program KPR FLPP seperti bank BTN. Di sana Anda bisa bertanya ke bagian customer service untuk mencari tahu informasi tentang lokasi rumah program Sejuta Rumah.

Mencari Informasi dari Internet
Mencari Informasi Lokasi Perumahan KPR FLPP dari Internet

2. Survey Lokasi

Setelah Anda sudah tahu lokasinya, tentu Anda ingin memastikan kondisi rumahnya bukan? Anda juga pasti ingin memastikan kondisi lingkungan sekitarnya, bukan? Inilah kenapa tahapan survey sebaiknya tidak Anda lewatkan. Siapa tahu ternyata Anda tidak cocok dengan lokasinya karena, sebagai contoh, terlalu jauh dari tempat Anda bekerja atau ada alasan lainnya. Jika memang tidak cocok, mungkin Anda bisa kembali ke tahapan nomor satu yaitu mencari informasi lokasi alternatif program Sejuta Rumah yang lainnya. Siapa tahu di lokasi yang lainnya ternyata lebih memenuhi keinginan Anda. Di tahapan ini, sebaiknya Anda juga melakukan survey terhadap pengembangnya dan mencari tahu informasi dari pengembang sebanyak-banyaknya mengenai rumah yang ingin Anda beli dengan sistem KPR FLPP tersebut.

Survey dan Bertanya pada Pengembang
Survey dan Bertanya pada Pengembang

3. Penyerahan Dokumen

Tahapan yang ketiga ini bisa jadi tahapan yang paling krusial. Alasannya adalah karena kelengkapan dokumen persyaratan program KPR FLPP ini nantinya bisa menjadi penentu apakah Anda memang berhak mendapatkan KPR FLPP atau tidak. Jadi pastikan Anda benar-benar memperhatikan kelengkapan dokumen-dokumen Anda termasuk untuk mengisi dokumen-dokumen Anda dengan informasi yang benar-benar akurat. Jika Anda bertanya-tanya tentang dokumen apa saja yang harus Anda serahkan, Anda bisa menegok artikel mengenai syarat-syarat mendapatkan KPR FLPP yang bisa Anda lihat di sini. Dokumen-dokumen Anda tersebut diserahkan kepada pihak pengembang perumahan KPR FLPP yang kemudian akan diproses lebih lanjut.

Menyerahkan Dokumen
Menyerahkan Dokumen pada Pengembang

4. Dokumen Diproses Oleh Bank

Di tahap ini pengembang menyerahkan dokumen Anda pada bank pelaksana program KPR FLPP. Tahapan ini sudah di luar kuasa Anda. Inilah kenapa saya sangat menekankan pentingnya tahapan ketiga seperti yang sudah disebutkan di atas karena setelah Anda menyerahkan dokumen Anda, Anda sudah tidak bisa apa-apa lagi. Semua proses dokumen menjadi wewenang penuh dari bank pelaksana dan prosesnya tidak bisa diganggu gugat. Bank akan melakukan berbagai proses verifikasi untuk memastikan bahwa Anda memang memenuhi persyaratan untuk menjadi penerima KPR FLPP. Dan kemudian bank akan memberikan keputusan apakah Anda memang berhak atau tidak.

Bank Memproses Dokumen
Bank Memproses Dokumen

5. Melakukan Akad Kredit KPR FLPP

Jika permohonan Anda diterima oleh bank dan Anda dinyatakan sebagai orang yang berhak atas KPR FLPP melalui proses verifikasi bank pelaksana, tahapan yang paling terakhir adalah melakukan akad kredit KPR FLPP. Selamat! Anda sudah resmi mendapatkan penerima subsidi KPR FLPP. Yang harus Anda lakukan selanjutnya hanyalah memenuhi kewajiban Anda untuk melakukan cicilan bersubsidi rumah yang Anda beli dengan metode KPR FLPP.

Melakukan Akad Kredit
Melakukan Akad Kredit

Itulah dia 5 tahapan yang akan Anda jalani sebelum Anda dinyatakan berhak atas program KPR FLPP atau tidak. Silakan lakukan langkah-langkah di atas dan semoga berhasil.