oleh

Tips Resep Krecek gudeg Paling Irit

Krecek gudeg. Salah satu masakannya yaitu sambal krecek. Langsung saja temukan resep sambal goreng krecek kacang tolo di web IndoTopInfo.com. Krechek or krecek or sambal goreng krechek is a traditional Javanese cattle skin spicy stew dish from Yogyakarta and Central Java, Indonesia.

Krecek gudeg Meski hanya warung kaki lima, langganannya adalah para presiden Indonesia! Salah satu gudeg legendaris diantara banyak gudeg lainnya. Bumbu Gudeg Yu Djum yang manis Uniknya, selain rasanya kreceknya yang pedas, krecek yang digunakan bukanlah krecek sapi tapi. Kamu bisa mencoba memasak Krecek gudeg mengunakan 12 resep dan 5 langkah. Berikut cara membuat masakan.

Bahan resep Krecek gudeg

  1. 1/4 kilo Krecek/rambak.
  2. 1/4 kilo Kacang beras/kacang tolo.
  3. 8 Bawaang merah.
  4. 4 Bawang putih.
  5. 10 Lombok merah.
  6. 2 Kemiri.
  7. Gula jawa.
  8. Garam.
  9. Penyedap rasa.
  10. Air.
  11. 1 ruas ibu jari Laos.
  12. 2 Daun salam.

Gudeg adalah salah satu makanan khas Yogyakarta. Warna coklat dari gudeg biasanya dihasilkan dari daun jati, yang dimasak Biasanya gudeg disajikan bersama telur pindang, sambal krecek dan nasi. gudeg adalah masakan tradisional jawa dari yogyakarta dan jawa tengah, indonesia. Gudeg terbuat dari buah jack mentah muda (Jawa: gori, Indonesia: nangka muda) direbus selama beberapa jam. Gudeg (ejaan bahasa Jawa: Gudheg) adalah makanan khas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Cara Memasak Krecek gudeg

  1. Rendam kacang beras selama 1 malam supaya cepet empuk saat dimasak.
  2. Haluskan/uleg bumbu lombok merah, bawang merah, bawang putih dan kemiri.. kemudian tumis dgn minyak panas.
  3. Rebus kacang yg sudah direndam dengan air kira2 500cc.. lalu masukan bumbu yg sudah ditumis.
  4. Masukan rambak.. atur sampai semua bagiannya terendam air.
  5. Tambahkan gula jawa yg sudah diiris2, garam dan penyedap rasa sampai kuah dirasa pas sesuai selera.. masukan salam dan laos.

Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Makanan khas asal Jogja ini sangat mudah ditemui dari penjual keliling, pedagang kaki lima hingga restoran. Gudeg itu sendiri merupakan sajian yang terbuat dari nangka. Sambal Goreng Krecek merupakan salah satu lauk wajib untuk menemani Gudeg Jogja.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed