oleh

Cara Memasak Nasi timbel iga bakar Termudah

Nasi timbel iga bakar. Nasi Timbel Lengkap adalah nasi timbel (nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang nan harum) khas sunda, Jawa Barat, yang disajikan lengkap dengan ayam goreng / ayam bakar Iga sapi empuk dilumuri bumbu khas istimewa, dibakar dan disajikan dengan kentang goreng serta aneka sayuran. Nasi timbel is an Indonesian hot dish, consisting of steamed rice wrapped inside a banana leaf. It is a traditional Sundanese cuisine from West Java.

Nasi timbel iga bakar Bumbu untuk membuatnya pun mudah dicari. Bakar nasi bungkus daun itu dengan api yang kecil saja. Biar bumbu di dalamnya matang secara sempurna. Sobat dapat mencoba memasak Nasi timbel iga bakar dengan 9 resep berikut 11 urutan. Step by step membuat resep.

Bahan resep Nasi timbel iga bakar

  1. 2 kg iga sapi segar.
  2. 2 liter air putih.
  3. 4 lembar daun salam.
  4. 15 siung bawang putih.
  5. 3 sdt garam.
  6. 1 sdt merica bubuk.
  7. 300 ml kecap manis.
  8. 3 buah jeruk nipis.
  9. 15 biji cabe rawit (boleh skip).

Nasi timbel merupakan makanan khas Bandung berupa nasi hangat yang baru saja matang dan dibungkus dengan daun pisang. Awalnya nasi timbel merupakan bekal makan siang para petani Sunda, lho. Tapi sekarang mudah sekali dijumpai dan jadi menu favorit di warung makan khas sunda. Nasi timbel (Aksara Sunda Baku: ᮞᮍᮥ ᮒᮤᮙ᮪ᮘᮨᮜ᮪, Sangu Timbel) adalah masakan Sunda yang populer di Jawa Barat dan Banten.

Cara Mudah Nasi timbel iga bakar

  1. Cuci bersih iga sapi.
  2. Belah dua jeruk nipis, peras di atas iga sapi untuk menghilangkan bau amis.
  3. Kupas keseluruhan bawang putih.
  4. Cincang halus 5 siung bawang putih, goreng dengan menggunakan minyak secukupnya dan api kecil.
  5. Haluskan 10 siung bawang putih, garam dan merica secukupnya.
  6. Balurkan iga sapi dengan bumbu yang dihaluskan.
  7. Tuangkan air putih pada panci, tambahkan daun salam, rebus hingga daging pada iga sapi menjadi empuk.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Haluskan bawang putih yang telah digoreng, tambahkan dengan kecap manis dan jeruk nipis.
  10. Bakar hingga daging berubah warna. Sesekali oleskan lagi bahan olesan supaya bumbu meresap. Anda bisa menambahkan madu atau cabe rawit yang telah dihaluskan untuk membuat rasa menjadi keluar. Anda bisa mengatur sesuai selera.
  11. Setelah matang hidangkan selagi hangat 👍.

Makanan ini biasanya dibuat dari beras bagolo atau beras merah campuran yang dimasak dengan bungkus daun pisang. Makanan yang dapat dipesan di restoran ini di antaranya: surabi, batagor, nasi liwet, gurame bakar, nasi timbel, bebek bakar, nasi goreng, sop buntut, nasi bakar, sampai dengan steak, iga bakar, dan es krim. Nah, kalau anda ke Bandung, jangan sampai tidak mampir ke Kampung Duan ya. Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus kembali hingga panas. Nasi timbel sangatlah populer khususnya di daerah jawa seperti daerah Sunda dan sekitarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed